teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Tuesday, July 15, 2014

Menag Buka Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional XII

Jakarta (Pinmas) —- Menag Lukman Hakim Saifuddin membuka secara resmi Acara Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional ke XII Tahun 2014, di Hotel Mencure Ancol Jakarta, Sabtu (12/07) malam.

Menag Lukman Hakim Saifuddin yang didampingi Sekjen Nur Syam, Dirjen Bimas Hindu, menyampaikan bahwa dirinya menyambut baik acara ini. Menurutnya, ini adalah kesempatan pertamakali dirinya sebagai Menteri Agama mengikuti acara semacam ini.

Acara Utsawa Dharma Gita ini merupakan pendalaman dan pembacaan nilai-nilai kitab suci Veda ajaran bagi umat Hindu yang digelar 3 tahun sekali.

“Saya sangat menyambut baik acara ini,” kata Menag sembari mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat memancarkan pengaruh positif untuk pengikatan kualitas kehidupan beragama, khususnya di kalangan umat Hindu di Indonesia.

“Kualitas pemahaman dan penghayatan umat Hindu terhadap kitab Veda adalah bagian penting bagi peningkatan kualitas kehidupan beragama, yang perlu terus dibina dan dikembangkan, seiring dengan tantangan zaman,” jelas Menag.

Menurut Menag, pemahaman umat Hindu terhadap nilai-nilai ajaran agamanya harus terus ditingkatkan demi terbinanya kemakmuran di negeri tercinta ini. Caranya, lanjut Menag, adalah dengan menjadikan agama sebagai landasan hidup, agar keimanan tidak tergerus tantangan zaman.

Dikatakan Menga bahwa salah satu tugas tokoh agama adalah mengawal harkat manusia yang memiliki nilai kesucian dalam hidupnya. “Dengan kata lain, kita harus membangun masyarakat kita, untuk menjadi insan yang baik, berkepribadian religius,” terangnya.

Dalam konteks ini, Menag memandang acara Utsawa Dharma Gita ini sangat relevan. Kepada umat Hindu, Menag berharap agar momen Utsawa Dharma Gita ini dimanfaatkan sebagai ajang untuk lebih menggelorakan komitmen umat Hindu guna senantiasa menjadikan nilai-nilai agama (Veda) sebagai soko guru dalam mewujudkan masyarakat sejahtera dan bahagia lahir dan batin.

“Generasi muda sebagai tunas bangsa. Jadikanlah kitab Veda sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan,” ajak Menag di hadapan ribuan umat Hindu dan 2.700 peserta Utsawa Dharma Gita yang berasal dari 33 Provinsi di seluruh Indonesia.

“Semoga kerukukan, kedamaian, senantiasa memberkati bangsa kita,” tutup Menag. (Arief/mkd/mkd)

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...