teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Thursday, October 13, 2016

Persiapan UDG Tingkat Provinsi, LPDG Konawe Gelar UDG Kabupaten

Kendari (Inmas Sultra) - Dharmagita sebagai nyanyian suci keagamaan Hindu memiliki peran sangat penting dalam pembinaan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama Hindu di seluruh Indonesia. Teksnya bersumber pada ajaran suci Weda yang mengandung nilai-nilai spiritual, etika, dan estetika yang sangat tinggi sehingga memberi tuntunan pemahaman agama Hindu mulai dari aspek Tattwa, Susila, ataupun Acara/Upacara.

Utsawa Dharmagita (UDG) dilaksanakan 3 tahun sekali. Penyelenggaraan UDG dimulai dari tingkat kabupate/Kota, Provinsi, dan Nasional. Penyelenggara kegiatan ini adalah Lembaga pengembangan Dharma Gita (LPDG), yang dananya bersumber dari pemerintah daerah dan instansi terkait serta sumbangan tak terikat. LPDG berlandaskan hukum Keputusan Menteri Agama Nomor 488 tahun 2000.

Persiapan mengikuti Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bulan Nopember 2016, Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Kabupaten Konawe menyelenggarakan kegiatan UDG IV Tingkat Kabupaten Konawe Tahun 2016. Kegiatan ini diselenggarakan sehari bertempat di Balai Desa Ulubenua, Kecamatan Amonggedo, Konawe, Minggu (9/10).

Rangkaian kegiatan UDG dimulai dari Sabtu (8/10), yaitu melaksanakan Majaya-Jaya/Pengukuhan Dewan Juri UDG di Pura Puseh Desa Ulubenua Pk. 15.00 Wita dipimpin Jero Mangku setempat, dan dilanjutkan dengan technikal meeting Juri. Kegiatan UDG diikuti oleh perwakilan 7 Kecamatan se Konawe.

Pembukaan kegiatan diawali dengan Tarian Pembuka oleh Peradah Desa Ulubenua. Dilanjutkan laporan ketua Panitia Kegiatan, serta sambutan-sambutan.

Pembimas Hindu, Ngakan Made Sudiana yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara mengawali sambutannya dengan permohonan maaf, Karena Kakanwil tidak bisa hadir dalam kegiatan ini dikarenakan melaksanakan tugas yang sama penting pada waktu bersamaan, yaitu penjemputan Jemaah Haji di Makasar.

Pembimas Hindu menyampaikan, salah satu media pelestarian dan pengembangan dharmagita adalah kegiatan Utsawa Dharmagita (UDG) sebagaimana yang telah dilaksanakan selama ini. Untuk tingkat nasional Utsawa Dharmagita dilaksanakan sekali dalam 3 (tiga) tahun. Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pembuktian kemampuan olah seni suara para peserta/utusan dari provinsi di seluruh Indonesia. UDG Tingkat Nasional XIII tahun 2017 akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Selatan, Palembang.

Untuk UDG Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, dijelaskan juga akan diselenggarakan bulan Nopember 2016 ini. Akan ada 34 jenis Utsawa/Lomba yang akan dipertandingkan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe yang mewakili Bupati Konawe mengapresiasi kegiatan Umat Hindu Konawe yang belakangan ini mulai terlihat dan bergema di kabupaten Konawe, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Hadir pula dalam pembukaan, Wakil Ketua DPRD Konawe, Ketua Komisi III DPRD Konawe, Ketua PHDI Sultra, Ketua LPDG Prov. Sultra, Ketua PHDI dan adat se Kabupaten Konawe.

Kegiatan perlombaan dipusatkan pada salah satu Sekolah Dasar (SD) di Desa Ulubenua, UDG ini diselenggarakan satu hari penuh hingga selesai dan ditutup malam harinya. tampil sebagai juara Umum perwakilan kontingen Kecamatan Amonggedo. (n/f:PKJ)

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...