teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Thursday, December 1, 2016

Sekda, Lukman Abunawas Buka Utsawa Dharmagita IV Sultra

Kendari (Inmas Sultra) - Tingkatkan Sradha dan Bhakti Umat Hindu dan pendalaman ajaran kitab Suci Weda, Lembaga pengembangan Dharmagita (LPDG) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) selenggarakan Utsawa Dharmagita (UDG) IV Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Kegiatan resmi dimulai 26-27 November 2016 yang berlangsung di Hotel Athaya, Kendari.

Utsawa Dharmagita adalah jenis lomba keagamaan bagi umat Hindu. Bagi umat Islam, biasa disebut Musabaqah Tilawatil Quran dan untuk umat Nasrani adalah Pesparawi.

Utsawa Dharmagita Sultra 2016 mengangkat tema "Utsawa Dharmagita sebagai wahana penguatan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Hindu sebagai wujud revolusi mental". Tema ini sejalan dengan tema UDG Nasional XIII Tahun 2017 nanti.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sultra Mohammad Ali Irfan dan Sekretaris Provinsi Sultra Lukman Abunawas. Kegiatan ini, dibuka langsung oleh Sekda Provinsi Sultra.

Ketua Panitia, Gusti Kadek Sumertadana mengatakan, ada delapan kategori lomba dengan 34 jenis lomba yang diperebutkan oleh masing-masing kontingen 8 kabupaten atau kota.

Yang terbaik dalam delapan lomba itu akan mewakili Sultra dalam kegiatan Utsawa Dharmagita tingkat nasional XIII di Palembang, ungkap Sumertadana dalam sambutannya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sultra, Mohammad Ali Irfan mengaku bangga bila perwakilan Sultra bisa menjadi juara dalam kegiatan nasional nanti. Untuk itu, dia berharap, seleksi yang berlangsung di tingkat provinsi lebih obyektif agar yang berangkat nanti bisa kompetitif.

Kemarin, kita MTQ Korpri tingkat nasional dapat juara umum. Kita berharap, kontingen kita ini bisa juara umum nantinya, harapnya.

Sebagai Kakanwil, kata dia, dirinya akan terus memberikan pembinaan berkelanjutan kepada seluruh umat beragama. Diharapkan, pembinaan itu bisa berdampak pada peningkatan pengetahuan dan keyakinan terhadap ajaran masing-masing.

Untuk mewujudkan kehidupan beragama yang rukun dan toleran. Kita membangun Sultra melalui bahasa agama, katanya.

Menurut dia, Utsawa Dharmagita mengandung nilai spritual, etika dan estetika. Ini salah satu bentuk umat Hindu dalam mendalami ajaran agamanya.

Kami akan terus mendukung kegiatan keagamaan. Pembinaan Utsawa Dharmagita tidak terlaksana tanpa sentuhan Pemda. Kita harap Pemprov Sultra mendukung ini, harapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh menyanggupi agar ke depan, kegiatan keagamaan terus dianggarkan di dewan.

Sebagai Ketua Banggar, saya kira hal ini menjadi respon dan tanggung jawab kami, katanya berjanji.

Senada dengan Rahman Saleh, Sekda Provinsi Sultra Lukman Abunawas ikut memberikan dukungan penganggaran terhadap kegiatan keagamaan.

Kalau sudah Ketua DPRD yang bicara, saya pikir itu sudah final. Tinggal kita bahas bersama nantinya, ujarnya. (KK/rtr/pkj)

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...