teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Thursday, February 9, 2017

12 Sulinggih Di Sulawesi Tenggara

Kendari, (Inmas Sultra) - Umat Hindu di Sulawesi Tenggara kini dalam melaksanakan ritual/upacara Yadnya tidak perlu lagi jauh-jauh mencari Sulinggih/Pandita ke Bali. Kenapa demikian? Karena di Sulawesi Tenggara kini telah memiliki 12 Sulinggih yang tersebar di beberapa Kabupaten/Kota. Siapa saja Sulinggih kita ini, dan alamat Griya-nya sehingga mempermudah untuk tangkil/nuur Sulinggih? Ayo simak informasi berikut : 

1. Ida Pandita Mpu Nabe Dukuh Sidhi Prateka

Ida Pandita Mpu Nabe Sidhi Prateka
Alamat : Griya Taman Sari Kahuripan, Desa Jati Bali, Kec. Ranomeeto Barat, Kab. Konawe Selatan, beliau didiksa pada tahun 2022 bersamaan dengan Ida Pandita Mpu Nabe Satwikananda, dari Kel. Ngkari-Ngkari, Kota Baubau (kini beliau sudah jenek di Griya Gaga, Desa Tamanbali, Bangli, Bali) 

2. Ida Rsi Bhagawan Nabe Guna Raksa

Ida Rsi Bhagawan Guna Raksa
Alamat : Griya Amerta Sari, Desa Tampabulu, Kec. Poleang Utara, Kabupaten Bombana. 

3. Ida Pandita Nabe Agni Ananda Dwijaksara Sebali

Ida Pandita Nabe Agni Ananda Dwijaksara Sebali
Alamat : Griya Lalembuu, Desa Sumber Jaya, Kec. Lalembuu, Kab. Konawe Selatan. Acara kegiatan Ngelinggihang Weda, Mapulang Lingga beliau yang dirangkai juga dengan pawintenan masal dilaksanakan pada 9 Pebruari 2013 di Desa Sumber Jaya, yang dihadiri oleh Nabe beliau, Ida Pedanda Sebali Tianyar Arimbawa.

4. Ida Pandita Agnijaya Shree Shree Yogiswara Sebali

Ida Pandita Agnijaya Shree Shree Yogiswara Sebali
Alamat : Griya Ananda Prasanty Weda Poshana, BTN Puskopkar Blok A23, No. 43, Desa Lalowiu, Kec. Konda, Kab. Konawe Selatan. Acara kegiatan Ngelinggihang Weda, Mapulang Lingga beliau yang dirangkai juga dengan pawintenan masal dilaksanakan pada 9 Pebruari 2013 di Desa Sumber Jaya, yang dihadiri oleh Nabe beliau, Ida Pedanda Sebali Tianyar Arimbawa.

5. Sire Empu Pandya Dvijananda Putra

Sire Mpu Pandya Dvijananda Putra
Alamat : Griya Maetri Giri Wanua, Desa Wia-Wia Blok D, Kec. Poli-Polia, Kab. Kolaka Timur.  Acara Mesudha Bumi, Ngelinggihang Weda, Mapulang Lingga Sire Mpu Pandhya Dvijananda Putra dilaksanakan di Desa Wia-Wia pada tangggal 6 April 2013 oleh Sire Mpu Nabe yang berasal dari Bali yaitu Griya Maetri Budeng Putih Jembrana.

Tahun 2021 lalu, beliau telah berpulang/lebar. Dan kini dilanjutkan oleh Sira Mpu Galuh Susila Putri
Sira Mpu Galuh Susila Putri

6. Ida Pedanda Putu Oka Anom Kawi


Ida Pedanda Putu Oka Anom Kawi
Alamat : Griya Pemaron Anom Manuaba, Desa Punggulahi, Kec. Mowila, Kabupaten Konawe Selatan. Upacara Diksa dilaksanakan di Mowila pada tanggal 8 April 2015.

7. Ida Pandita Mpu Purusa Daksa Manuaba

Ida Pandita Mpu Purusa Daksa Manuaba
Alamat : Griya Tua Siwa Sri Narayana Manuaba, Desa Lalonggapu, Kec. Landono, Kab. Konawe Selatan. Upacara Diksa/Dwijati dilaksanakan di Bali pada tanggal 25 Desember 2015. Pelaksanaan Sudha Bumi Griya dilaksanakan olegh Ida Pandita Mpu Nabe Manuaba di Desa Lalonggapu pada tanggal 1 Mei 2016.   

8. Ida Pandita Mpu Sri Rastra Prabhu Dharmika

Ida Pandita Mpu Sri Rastra Prabu Dharmika
Alamat : Griya Anom Jati Kusuma, Dusun II, Rt.6, Desa Jati Bali, Kec. Ranomeeto Barat, Kab. Konawe Selatan. Diksa dilaksanakan di Desa Jati Bali oleh guru Nabe Ida Pandita Mpu Nabe Sidhi Prateka Griya Tua Taman Sari Desa Jati Bali pada 2 Nopember 2016. 

9. Ida Pandita Mpu Dharmananda

Ida Pandita Mpu Dharmananda
Alamat : Griya Wana Amerta Asram, Desa Teposua, Kec. Loea, Kab. Kolaka Timur. Upacara Diksa dilaksanakan di Bali, 12 Januari 2017 dan Sudha Bumi Griya Wana Amerta Asram pada 26 Januari 2017 oleh guru Nabe, Ida Pandita Mpu Nabe Sattwikananda Gria Gaga, Desa Tamanbali, Bangli, Bali.

10. Ida Pandita Mpu Jaya Acarya Dharma

Ida Pandita Mpu Jaya Acarya Dharma
Alamat: Griya Giri Kusuma, Kelurahan Atula, Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur. Ida Pandita Mpu Jaya Acarya Dharma dan Ida Pandita Mpu Dharma Patni didiksa di Griyanya di Atula pada 26 Desember 2019 dan langsung Masudha Bhumi dan Mapulang Lingga saat itu. Nabe beliau Ida Pandita Dukuh Nabe Acarya Daksa dari Griya Swarga Asram, Padukuhan Samiaga Penatih, Denpasar. 
 
Ida Pandita Mpu Jaya Acarya Dharma lebar pada 9 Februari 2020, dan diupacarai/ngaben pada 11 Februari 2021. Sekarang masih Ida Pandita Mpu Istri.

11. Ida Pandita Mpu Dwi Prateka Prabu

Pengesahan dan Pengukuhan Sulinggih Ngelokaphalasraya Ida Pandita Mpu Dwi Prateka Prabu pada Selasa, 15 November 2022, di Griya Sandhu Kencana Kahuripan, Desa Jati Bali, Kec. Ranomeeto Barat, Kab. Konawe Selatan. Beliau di Diksa di Bali. 

12. Ida Ratu Bhagawan Dalem Buruan Manuaba

Ida Ratu Bhagawan Dalem Buruan Manuaba
Alamat: Griya Griya Taman Swarga Manuaba Désa Jati Bali, Kec. Ranomeeto Barat, Kab. Konawe Selatan. Minggu, 29 Oktober 2023 saat Purnama Kalima, Ida Ratu Bhagawan Dalem Buruan Manuaba dan Ida Ratu Bhagawan Istri Dalem Manuaba di Diksa dan Ngalinggihang Weda juga Masudha Bhumi. Nabe napak bliau adalah Ida Pedanda Nabe Gde Bang Buruan Manuaba yang juga merupakan Dharma Adiyaksa PHDI Pusat.

===============================================
Bagi umat Hindu yang memerlukan informasi lengkap Sulinggih di atas bisa hubungi penyuluh agama Hindu Ahli Muda Kota Kendari, Pande Kadek Juliana atau via email di: bimashindusultra@gmail.com  (n/ft. PKJ) 

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...