teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Monday, March 23, 2015

Menag Ucapkan Selamat Jalani Catur Brata Bagi Umat Hindu

Jakarta (Pinmas) —- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan selamat menjalani Catur Brata kepada seluruh umat Hindu yang merupakan bagian dari rangkain perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937. Pesan ini disampaikan Menag melalui siaran salah satu televisi nasional, Jumat (20/03) malam.

Perayaan Nyepi diawali dengan upacara Tawur Kesanga atau penyucian Buwana Agung dan Buwana Alit. Rangkaian berikutnya adalah melaksanakan empat macam pengendalian diri yang disebut Catur Brata Penyepian, yaitu amati geni (tidak menyalakan api), amati karye (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang dan mengumbar hawa nafsu). 

Menurut Menag, Catur Brata Penyepian yang dilaksanakan selama 24 jam ini merupakan puncak pengendalian dan instrospeksi diri menuju ketenangan spiritual yang kian suci. Menag berharap dengan menjalani Catur Brata Penyepian dalam perayaan Nyepi tahun ini, umat Hindu semakin menyadari dan meyakini bahwa puncak tertinggi penyucian diri dan alam semesta adalah meningkatnya kesadaran terhadap Tri Hita Karana, yaitu: hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan (Parahyangan), manusia dengan sesama umat manusia (Pawongan), dan antara manusia dengan alam lingkungan (Palemahan).

“Bila kita mampu memahami falsafah Tri Hita Karana dengan benar, semua usaha kita akan mengarah pada upaya-upaya perwujudan keharmonisan, kedamaian dan kesejahteraan kita bersama. Karena hanya dengan keharmonisan, kedaiaman dan kesejahteraan bersama, hidup ini akan lebih berarti dan sempurna,” pesan Menag.

“Kepada saudara-saudara umat Hindu, saya selaku Menteri Agama mengucapkan selamat melaksanakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937,” tambahnya. (mkd/mkd) - kemenag.go.id

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...