teks berjalan

karmany evadhikarãste te, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Sabtu, 20 Mei 2017

Info PLPG dan Simpatika Guru Agama Hindu 2017

Peserta dan Pemateri pada kegiatan Bimtek Operator Simpatika, 15-17 Mei 2017 di Jakarta
Jakarta, (inmas sultra) - Berlakunya aplikasi SIMPATIKA di Kementerian agama, yang diinisiasi Ditjen Pendis Kemenag RI, dan untuk memudahkan dalam pencarian data Guru Agama dan juga pendaftaran PLPG untuk sertifikasi guru Agama, Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI menyelenggarakan kegiatan Bimtek Operator simpatika pusat dan daerah di Jakarta.

Dari informasi yang disampaikan pada kegiatan dimaksud, sampai kemarin (16/5/17), pusat tahun anggaran 2017 ini masih belum menganggarkan persiapan PLPG, Perguruan Tinggi Keagamaan yg ditunjuk pun belum menganggarkannya. Kalau seandainya di APBNP ada perubahan mungkin akan ada PLPG 2017 ini, jadi kemungkinan besar tahun ini ada ataPLPG itu 50:50. Terkait juga, pusat/Ditjen belum memiliki regulasi terkait PLPG, terutama bagi guru2 agama Hindu yg diangkat 2006- ke atas. Apakah guru Agama Hindu yg belum tersertifikasi akan di PLPG-kan atau PPG-kan (perbedaan PLPG dan PPG anda bisa buka di Google).


Namun di Islam, tahun ini mereka menyelenggarakan PLPG, dan mereka telah memiliki regulasinya yg jelas yg telah disusun oleh Pokjanya, dari syarat peserta, penetapan, dan proses penyelenggaraan PLPG-nya.

Nanti, penetapan peserta PLPG itu, ditarik info/datanya dr aplikasi SIMPATIKA. Bimas2 yg lain selain Islam baru kemarin mlai berbenah dan mengikut dasar regulasi Pendidikan Agama Islam terkait penataan guru2, Dan akan berintegrasi ke SIMPATIKA.

Regulasinya dibahas Mei ini oleh Ditjen Pendidikan, ditjen Bimas2 di pusat diundang juga dalam penyusunan regulasi untuk guru agama non-muslim. Hasil dr acara ini akan digunakan sebagai penetapan layak tdk layak guru tersertifikasi dan menerima Tunjangan Profesi Guru bagi yg sudah tersertifikasi.

Bimas2 diberikan waktu guru2nya (termasuk Guru Agama Hindu) untuk melengkapi data verval di SIMPATIKA, sampai akhir bulan Juni 2017. Dengan login pakai nomer NUPTK dan password sesuai dgn password login di aplikasi padamu negeri dulu. Pastikan anda berstatus aktif di SIMPATIKA.

Info tambahan, untuk guru agama Hindu tdk ada UKG seperti dinas. Knapa? Karena kalau diUKG guru2 kita, kemungkinan tdk akan ada yg lolos PLPG. Karena yg sekarang standar nilai UKG adalah 80. Sedangkan yg dulu guru2 55. Standarnya naik drastis.

Jadi, mohon kepada semua guru agama Hindu baik yg sudah sertifikasi maupun blm wajib lengkapi verval SIMPATIKA-nya. (PKJ)

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...