teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Tuesday, June 9, 2015

Kemenag Sultra Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Agama Hindu

Kendari, (Inmas Sultra) —- Bimbingan Masyarakat Hindu (Bimas Hindu) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Agama Hindu Tahun 2015 se Provinsi Sulawesi Tenggara di Plaza Inn Hotel Kendari, Senin, (18/5/2015), sore.

Ketua panitia, Pande Kadek Juliana mengatakan kegiatan ini melibatkan para guru agama Hindu PNS di Sulawesi Tenggara yang telah tersertifikasi untuk memantapkan profesionalisme guru agama Hindu di Sulawesi Tenggara.

“Kami sengaja mengangkat tema peningkatan mutu pendidik dan tenaga pendidik dengan harapan ada perubahan dari sebelum sertifikasi dan setelah sertifikasi,” jelasnya.

Sementara itu, Pembimbing Masyarakat Hindu (Pembimas Hindu), Ngakan Made Sudiana menegaskan Kanwil Kementerian Agama Sultra berupaya mewujudkan peningkatan mutu pendidikan salah satunya melalui pembinaan tenaga pendidik agama.

“Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu hal yang harus diperhatian melalui peningkatan kualitas dan pemahaman agama serta kehidupan beragama. Dan kita konsisten dalam pembinaan tenaga-tenaga pendidik agama setiap tahunnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, sebagai seorang pendidik, guru agama memiliki peran yang sangat penting terutama membentuk generasi muda yang agamis.

“Guru agama ibaratnya contoh orang suci yang taat beragama. Guru agama wajib memberikan arahan positif menanamkan nilai keagamaan pada generasi muda dengan bersinergi bersama-sama berperan sesuai swadharma (Kewajiban) dan fungsi kita masing-masing. Ini menjadi tugas dan tanggungjawab sekaligus tantangan bagi kita semua,” urainya.

Olehnya itu, melalui kegiatan ini, minimal bapak ibu guru ada perubahan mental/perilaku sebagai seorang pendidik. Dengan peningkatan mutu pendidik, otomatis mutu pendidikan itu akan lebih baik diukur dari hasil yang dicapai yaitu semakin meningkatnya kualitas peserta didik, tandasnya.

Turut hadir pada pembukaan kegiatan ini, Ketua MGMP/KKG Pendidikan Agama Hindu Provinsi Sulawesi Tenggara, Kasi Bimas Hindu Kab. Konawe Selatan , penyelenggara Bimas Hindu Kabupaten Konawe dan para guru Agama Hindu Se Sultra. (wl)

Sumber : sultra.kemenag.go.id

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...