teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Wednesday, April 30, 2014

Mantapkan Profesionalisme Pinandita/Pemangku

Kendari, (Inmas Sultra) -- Pinandita / Pemangku adalah merupakan salah satu Rohaniwan Hindu yang sangat dimuliakan dan memiliki tugas yang penting dalam penyelesaian suatu upakara/yadnya. 

Pinandita/Pemangku sebagai rohaniwan juga disebut sebagai seorang pelayan, yaitu pelayan umat dalam mengantar / menyelesaikan upacara yadnya dan juga sebagai ujung tombak pembinaan generasi muda Hindu ke depan. Sehingga, sebagai seorang Pinandita/Pemangku harus memiliki wawasan dan keterampilan di bidangnya untuk melaksanakan pelayan prima terhadap umat Hindu di Sulawesi Tenggara.

Guna memantapkan profesionalisme Pinandita sebagai seorang pelayan umat, Kanwil Kemenag Sultra melalui Pembimas Hindu menggelar Orientasi Pinandita/Pemangku Se Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2014. Orientasi yang sudah tiga kali dilaksanakan dari tahun 2012 ini diselenggarakan selama tiga hari, 28-30 April 2014 di Plaza Kubra Hotel Kendari. 

Orientasi dibuka Kakanwil Kemenag Sultra, Drs. Rakhman, M.Si., Senin (28/4/2014). Beliau mengapresiasi baik kegiatan ini guna pembinaan umat Hindu di Sultra. 

"Kiranya tidaklah berlebihan bila kami kemukakan pada kesempatan yang baik ini bahwa kami atas nama pribadi maupun pemerintah memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas penyelenggaraan kegiatan ini. Kami mengganggap Penyelenggaraan kegiatan orientasi ini merupakan peristiwa yang sangat penting dan memiliki nilai yang strategis," terangnya.

"Orientasi ini adalah dalam rangka pembinaan umat Hindu dan juga merupakan wujud pelaksanaan ajaran agama yang bertujuan untuk memahami, menghayati, menjaga, mengembangkan, dan menanamkan nilai-nilai keagamaan secara tepat dan berdaya guna sebagaimana diyakini oleh umat Hindu berdasarkan ajaran kitab suci Weda agar umat Hindu bisa hidup rukun dan sejahtera," imbuhnya.

Ketua Panitia Orientasi, Pande Kadek Juliana, S.S. dalam laporannya menyampaikan tujuan yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah Memfasilitasi Pinandita/Pemangku untuk lebih mengembangkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, serta pelaksanaan ajaran agama Hindu serta meningkatkan wawasan di bidang ajaran Agama Hindu.

Memantapkan profesionalisme Pinandita/Pemangku sebagai salah satu ujung tombak pembina umat dalam rangka memberikan pelayanan umat dalam mengantar/menyelesaikan upacara yadnya.

Mengembangkan kreatifitas dan inovasi para Pinandita dalam rangka mengembangkan tata cara upakara. 

Meningkatkan pengetahuan etika kepinanditaan/kepemangkuan dalam pelayanan umat, serta memberi bekal kepada Pinandita untuk memecahkan masalah dan dapat memberikan bimbingan secara kreatif di bidang ajaran keagamaan Hindu.

Hadir pada pembukaan kegiatan ini, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra, Ngakan Made Sudiana, S.Pd.,MM., Sekretaris PHDI Sultra, Drs. I Made Sukada, M.Pd., Ketua PSN Prov. Sultra, I Made Karyawan, S.Ag., Kasi Bimas Hindu Konsel, I Komang Sukeyasa,SE., Penyelenggara Bimas Hindu Konawe, Drs. I Nyoman Narpa, M.Fil.H., Tokoh Agama Hindu, dan sejumlah staf Pembimas Hindu. (PKJ)

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...