teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Wednesday, April 30, 2014

Orientasi Pinandita/Pemangku Se Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2014

KENDARI, (Inmas Sultra) - Guna memfasilitasi Pinandita/Pemangku untuk lebih mengembangkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, serta pelaksanaan ajaran agama Hindu, serta meningkatkan wawasan di bidang ajaran Agama Hindu, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Pembimas Hindu menyelenggarakan Orientasi Pinandita/Pemangku Se Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2014.

Kegiatan yang dilaksanakan di Plaza Kubra Hotel Kendari ini diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 28 s.d. 30 April 2014, dengan jumlah peserta 35 orang pinandita yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota se Sulawesi Tenggara.

Pembimas Hindu, Ngakan Made Sudiana, S.Pd.,MM., menjelaskan bahwa ini adalah kali ketiga Orientasi Pinandita/Pemangku ini diprogramkan oleh Pembimas Hindu. "Orientasi ini terus kami programkan setiap tahun, dari tahun 2012 sampai sekarang. jadi sudah tiga kali orientasi Pinandita ini kami selenggarakan," tuturnya.

"Kami berharap dengan dilaksanakannya orientasi ini, dapat menambah dan meningkatkan pengetahuan Pinandita/Pemangku dalam membina umat, terutama dalam mengantarkan upacara/yadnya," imbuhnya.

Pande Kadek Juliana, S.S., Ketua Panitia Orientasi tahun ini mengatakan, Tema orientasi kali ini adalah “MELALUI ORIENTASI PINANDITA/PEMANGKU KITA WUJUDKAN KERUKUNAN, KEDAMAIAN, DAN KESEJAHTERAAN UMAT HINDU SULAWESI TENGGARA”.

Juliana menekankan maksud dari orientasi ini adalah membina Pinandita/Pemangku agar bisa menjadi pembina umat selain sebagai pengantar upakara/yadnya. "Dengan membina Pinandita yang juga merupakan salah satu tokoh agama, dimaksudkan agar umat dapat memahami makna ajaran agama secara benar dan terarah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang taat melaksanakan ajaran agamanya, rukun damai dan menjadi sejahtera. Dan juga tentunya memiliki budi pekerti yang luhur," tegasnya. (PKJ)-(foto-wali)

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...