teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Thursday, June 12, 2014

Pura Penataran Agung Jagadhita Kota Kendari

Candi masuk Pura di Madyaning Mandala
Pura Penataran Agung Jagadhita, terletak didekat kompleks bangunan P2ID (Pusat Promosi dan Informasi Daerah) Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kantor Camat Kadia, Kota Kendari.

Pada 2008 dilaksanakan renovasi Pura Penataran Agung Jagadhita meliputi : Padmasana dan perluasan Utama Mandala serta pembangunan Bale Pawedan, Panglurah, Candi Bentar, Bale Kulkul, Bale Pedawa Sara, Wantilan, dan Pengaspalan Kanista Mandala. Dan sampai saat ini di tahun 2017 sudah mengalami beberapa kali penataan dan perehaban dari bangunan Pura dan bangunan pendukung lainnya, sehingga tampak asri.

Pada tanggal 27 Juli 2008 di Pura ini dilaksanakan Upacara pamelaspasan, mapedagingan, ngenteg linggih, malabuh gentuh dan mapekelem ring segara. Yadnya terkait Utsawa Dharma Gita Nasional X 4-8 Agustus 2008. (Prasasti Pura)

Pura ini berstatus Pura Provinsi. Dan satu-satunya di Kota Kendari. Pura ini  disungsung oleh Banjar Sindhu Merta Kota Kendari, yang sampai saat ini (Maret 2017) tercatat 201 KK penyusung. Kelian Banjar, Gusti Kadek Sumertadana. 

Bagi yang berkunjung ke Kendari, kayaknya belum lengkap kalau tidak tangkil ke Pura ini. Apabila ada yang ingin melakukan tirtha Yatra ke Kendari bisa menghubungi kelian banjar Sindhu Merta. (PKJ)

Wantilan Pura di Kanistan Mandala.

Pura Penataran Agung Jagadhita Kota Kendari Tampak dari Udara

Pura Penataran Agung Jagadhita Kota Kendari
Comments
1 Comments

1 comment:

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...