teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Friday, September 26, 2014

KOORDINASI PHBS DI PURA DAN PASRAMAN SULTRA

Bertempat di wantilan Pura Penataran Agung Jagadhita Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu 20 September 2014, dari pukul 09.00 s/d pukul 02.00 dilaksanakan koordinasi tingkat Provinsi berkaitan dengan kegiatan pemberdayaan umat Hindu di bidang kesehatan yaitu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Pura dan Pasraman program MOU Kemenkes RI dengan PHDI Pusat.

Kegiatan diikuti oleh pengurus PHDI Kab./Kota, Provinsi dan Pusat yang secara keseluruhan berjumlah 30 an orang, yang meliputi para ketua PHDI Kab. Kota yaitu, Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan dan Kab. Kolaka Timur, dua orang kader lama dan kader baru. Dari Tingkat Provinsi dihadiri oleh 2 orang dari Dinas Kesehatan Prov. Sultra, Bimas Hindu Sultra, perwakilan dunia usaha, PHDI Sultra, WHDI Prov. Sultra, dan Badan Kesehatan Prov. Sultra. Dari PHDI Pusat yang hadir adalah Ibu I Ni Made Jendri, S.KM, M.Si dan dr Sariningsih yang merupakan tim swakelola kegiatan MOU Kemenkes dan PHDI Pusat.

Kegiatan koordinasi ini bertujuan menyerap informasi dan laporan dari masing masing Kab./Kota berkaitan dengan kegiatan yang telah atau belum dilaksanakan di wilayah binaannya, yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan orientasi kader yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2014, dan juga tata cara penggunaan paket stimulan yang diberikan. Pada akhir kegiatan kembali di serahkan paket stimulan kepada masing-masing PHDI Kab/Kota untuk pembinaan Desa lama sejumlah 5.000.000, dipotong pajak.

Dengan terlaksananya kegiatan ini di Sultra khususnya di 4 Kab./Kota yang menjadi sasaran sejak tahun 2013, diharapkan dan meningkatan pemahaman umat tentang perilaku hidup bersih dan sehat di Pura dan Pasraman dan menjadi embrio untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dengan harapan berujung pada peningkatan sraddha dan bhakti umat Hindu kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa guna tercapainya jagadhita dan moksa. (NB)

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...