teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Sunday, November 3, 2013

Pemilihan Keluarga Sukhinah Teladan Tingkat Nasional 2013

Om swastyastu, Jakarta, Senin 19 Agustus 2013, Bertempat di Hotel OASIS  Amir Jakarta, Bapak Dirjen Hindu Prof Dr. I.B. Yudha Triguna MS, secara resmi membuka Pemilihan Keluarga Sukhinah Teladan Tahun 2013. Dalam sambutanya Bapak Yudha Triguna Mengharapkan bahwa, Tujuan Utama Perkawinan Menurut Pandangan Agama Hindu Adalah untuk mendapat anak suputra yang dapat menyelamatkan leluhurnya dari Neraka, Jadi dalam keluarga Hindu di harapkan terlahir anak yang suputra yaitu anak yang berbudi luhur, berpengetahuan dan bijaksana (Pradnjana dan Sadhu). Dengan demikian maka perencanaan membangun keluarga Sukhinah (Sejahtera) secara lahir dan bathin dapat terwujud. 

Beliau mengutip Manawa Dharma Sastra IX.101. yang menyatakan Hendaknya laki-laki dan perempuan yang terkait dengan perkawinan mengusahakan dengan tidak jemu-jemunya supaya mereka tidak bercerai dan jangan hendaknya melanggar kesetiaan antara satu dengan yang lainya. Manawa Dharma Sastra IX.102 yang berbunyi Hendaknya hubungan suami istri yang setia berlangsung sampai mati, hukum ini harus dianggap sebagai hukum yang tertinggi bagi suami istri. Terhadap anak anaknya yang terlahir, orang tua berkewajiban membesarkanya, memberikan perlindungan, pendidikan sampai penyelenggaraan perkawinan,  dengan demikian akan terbentuk putra putri yang bermoral, berakhlak mulia serta berguna bagi Nusa dan Bangsa, Negara dan Agama begitu juga kehidupan keluarga menjadi Harmonis, Bahagia dan Sejahtera, Keluarga seperti ini lah di dalam Agama Hindu disebut dengan KELUARGA SUKHINAH.

Sementara Itu, Ketua Panitia Bapak I Putu Suhartama,S.Ag.,MM. dalam laporannya mengatakan bahwa Pemilihan Keluarga Sukhinah yang diadakan kali ini mengundang 33 provinsi seluruh Indonesia untuk ikut hadir dalam seleksi, namun yang hadir hanya  25 Peserta.  Adapun tujuan pemilihan Keluarga Sukhinah adalah untuk mewujudkan Keteladan bagi Keluarga  Hindu,  Untuk membangun Keluarga Sukhinah melalui penanaman nilai-nilai ajaran agama. Terselenggaranya Pemilihan Keluarga Sukhinah Teladan Tingkat Nasional tahun 2013 sesuai dengan Keputusan Pembuat Komitmen Direktorat Urusan Agama Hindu Nomor : DJ.V/Dt.V.I/PPK/28/2013.

Kegiatan Pemilihan Keluarga Sukhinah Teladan berlangsung dari tanggal 18 s.d. 21 Agustus 2013. Dalam Pemilihan Keluarga Sukinah ini Para Juri Terdiri dari; Ketua : Kol. Inf. ( Purn.) I Nengah Dana S.Ag, Sekretaris I Made Sutresna, S.Ag,MA., Anggota :  I Nyoman Susila, S.Ag,M.Si., Drs I Wayan Budha, M.Pd., I Gede Jaman, S.Ag,M.Si.,  Dr. A.A. Ketut Diatmika,SE.,MM. dan Ir Ketut Parwata.

Hari Rabu 21, Agustus 2013, Bapak I Ketut  Lancar SE, M.Si, Atas nama Bapak Dirjen Bimas Hindu menutup secara resmi  Pemilihan Keluarga Sukhinah, dalam sambutanya beliau mengatakan mengucapkan selamat kepada seluruh peserta Pemilihan Keluarga Sukhinah. Ditjen Bimas Hindu menginginkan untuk memberikan juara kepada semuanya, mengingat yang hadir saat ini adalah keluarga-keluarga yang terbaik di daerahnya masing-masing. "Namun, karena kenyataanya kami hanya menyediakan piala untuk 6 (enam)  Peserta yaitu Juara 1,2,3 dan Juara Harapan 1,2,3. Oleh karena itu bagi Peserta yang belum mendapatkanya maka ini adalah merupakan kemenangan yang tertunda," tuturnya. 

Beliau juga mengatakan sedang dan akan mengusahakan agar Para Peserta Pemilihan Keluarga Sukhinah yang akan datang untuk bisa diterima oleh Bapak Presiden di Istana Negara saat Perayaan Hari Kemerdekaan. Beliau mohon doa semoga berhasil. Selanjutnya dalam akhir pesanya  beliau sekali lagi mengucapkan selamat kepada para pemenang dan mohon maaf apabila dalam penyelenggaraan ada kekurangan, "Selamat kembali ke tempat asal masing masing semoga selamat sampai ke tempat  tujuan," imbuhnya.

Kesan-pesan dari Peserta disampaikan oleh Wakil Peserta Keluarga Sukhinah dari Jawa Tengah bapak Bambang Wahyudi GS, yang beda dari Peserta Pemilihan Keluarga Sukhinah II ini adalah karena telah berhasil Membuat Hymne Lagu Keluarga Sukhinah II dan membentuk Alumni Keluarga Sukhinah yang diketuai oleh Ibu Ni Nengah lani S.Sos. dari Bali, didampingi oleh Dra. Dwi Rahmawati Juwita Sekretaris dari Jatim dan Ibu I Wayan Rasti SH, S.Ag, M.Ag.  Bendahara dari NTB.

Pasangan Keluarga Sukhinah Teladan Nasional 2013 yang terpilih sebagai Berikut : 
  1. JUARA 1 : Made Metu Dahana,SH.MH & Ni Wayan Rasti, SH,S.Ag,. M.Ag. dari Prov NTB;
  2. JUARA 2 : DR. Ing. Ir. Putu Mahayana Santika & Dra Soematri MM. dari Prov Banten;
  3. JUARA 3 : Ir. I Made Suwetja MM & Ni Wayan Suarsithi dari Prov Lampung;
  4. JUARA HARAPAN 1 : I Made Konia Warditha & Ni Nengah Lani dari Provinsi Bali;
  5. JUARA HARAPAN 2 : I Gede Diun Arthana SH & Dra. Dwi Rahmawati Juwita dari Prov Jatim;
  6. JUARA HARAPAN 3 : Wartoyo S.Ag & Sutiyem, S.Pd. dari Provinsi Kalimantan Timur.

Selamat kami sampaikan Kepada Seluruh Peserta Pemilihan Keluarga Sukhinah Teladan Tahun 2013, Semoga Ida Shang Hyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberi Anugrah, Bimbingan dan Perlindunganya Kepada Kita semua untuk tetap sehat, bahagia,  damai  dan Sejahtera, Astungkara.



Om Santih-Santih-Santih, Om,
Dilaporkan oleh : Dr. Anak Agung Ketut Diatmika, SE,MM. (BPH)

NB : Provinsi Sulawesi Tenggara pada ajang Pemilihan Keluarga Sukhinah Teladan Tingkat Nasional Tahun 2013 ini diwaki oleh I Wayan Sudiarta, SE.,M.Fil.H. dan Luh Anom Ratini (Suami Istri).

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...