teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Thursday, November 7, 2013

PD KMHDI SULTRA ADAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI PEOHO

Pembukaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat PD KMHDI Sultra
Dalam rangka realisasi program kerja PD KMHDI Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2013, Sabtu - Minggu, 2-3 November 2013, tepat pada hari raya Kuningan yang lalu melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Sulawesi Tenggara Tahun 2013 di Desa Peoho, Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka.

Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 November 2013 di Gedung Pasraman Girindra Yoga Desa Peoho. Dalam hal ini, PD KMHDI bekerjasama dengan Parisada Desa Peoho, Pasraman Girindra Yoga, Peradah Desa dan Masyarakat Hindu di sana. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Parisada Kecamatan Watubangga, Bapak Pinandita Nyoman Sara Sunyasa.


Dengan mengambil tema kegiatan: “Wujudkan Kerja Nyatamu”, PD KMHDI Sultra mencoba mengajak seluruh generasi Muda Hindu di Sulawesi Tenggara khususnya, untuk secara nyata memberikan kontribusi dalam meningkatkan sradha dan bhakti umat Hindu serta memberikan uluran tangan membantu umat Hindu yang kurang mampu. 

Ketua PD KMHDI Provinsi Sulawesi Tenggara, I Wayan Sukadana, mengatakan, tujuan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini secara umum adalah :
  1. Menjalin Silaturahmi & hubungan kelembagaan yang baik dengan organisasi intern Hindu, Ormas, dan pemerintah serta umat Hindu secara umum.
  2. Wahana interaksi dan konsolidasi antar mahasiswa/kader KMHDI dengan masyarakat umum.
  3. Menyelami lebih jauh peran agama sebagai pedoman hidup melalui kajian dan diskusi (Dharma Thula) bersama umat.
  4. Media pemberdayaan aspirasi dan potensi mahasiswa Hindu sebagai kader serta turut memberikan kontribusi aktif pada peningkatan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara.
Ketua Panitia, Eka Saputra melaporkan bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam pengabdian masyarakat ini ,yaitu : Lomba Dharma Wacana, Lomba Cerdas Cermat, Membuat banten (Daksina), dan  mewarnai tingka TK dan SD. "Selain lomba-lomba tersebut, juga dilaksanaka kegiatan Dharma Tula dengan tema “Tri Hita Karana”, Pemberian bantuan pendidikan bagi siswa yang berprestasi, dan Bhakti Sosial (pemberian bantuan sembako untuk masyarakan kurang mampu," imbuhnya. 

Kegiatan ini ditutup dengan acara hiburan berupa Bondres persembahan dari KMHDI dan Tari Genjek "Kadung Setres" dari pemuda Hindu Desa Peoho.

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...