teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Sunday, October 13, 2013

Sambutan Kakanwil Kemenag Prov. Sultra pada Pembukaan Orientasi Pinandita/Pemangku Tahun 2013

Orientasi Pinandita/Pemangku Se-Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2013, Tanggal 5 s.d. 7 September 2013 di Kendari.

Para Pandita dan Pinandita  yang kami muliakan.
Yang kami hormati, Bapak Parisada, Kepala Bagian, Kepala Bidang dan Bapak/Ibu Pembimas yang sempat hadir pada saat ini, Saudara Kasi dan Penyelenggara Bimas Hindu Kabupaten, serta undangan dan seluruh peserta yang berbahagia.

OM SWASTYASTU
Selamat Siang dan Salam Sejahtera untuk Kita Semua,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, atas anugrah dan limpahan wara nugraha-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka Pembukaan Orientasi Pinandita/Pemangku Se-Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2013.


Para Undangan dan hadirin yang berbahagia,

Kiranya tidaklah berlebihan bila kami kemukakan pada kesempatan yang baik ini bahwa  kami atas nama pribadi maupun pemerintah memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas penyelenggaraan kegiatan ini. Kami mengganggap Penyelenggaraan kegiatan orientasi ini  merupakan peristiwa  yang sangat penting dan memiliki nilai yang strategis.
Penyelenggaraan orientasi ini adalah dalam rangka pembinaan Umat dan juga merupakan wujud pelaksanaan  ajaran agama yang bertujuan untuk menjaga, mengembangkan, dan menanamkan  nilai-nilai  keagamaan secara tepat dan berdaya guna sebagaimana diyakini oleh umat Hindu berdasarkan ajaran kitab suci Weda. Hal ini sesuai dengan visi dari Kantor Wilayah kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, yaitu : "Terwujudnya Masyarakat Sulawesi Tenggara yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri, dan sejahtera lahir bathin".

Pembangunan keagamaan merupakan upaya mewujudkan agenda peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan dan pemahaman agama serta kehidupan beragama. Selain itu pembangunan keagamaan juga mencakup dimensi peningkatan kerukunan hidup umat beragama yang mendukung peningkatan saling percaya dan harmonisasi antar kelompok masyarakat.

Dilihat dari tema kegiatan Orientasi ini, dapat disebutkan adalah :

"MELALUI ORIENTASI PINANDITA/PEMANGKU KITA TINGKATKAN PROFESIONALISME DALAM RANGKA MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP UMAT HINDU SE-PROVINSI SULAWESI TENGGARA"

Pinandita/Pemangku adalah merupakan salah satu Rohaniwan Hindu yang sangat dimuliakan dan memiliki tugas yang penting dalam penyelesaian suatu upakara/yadnya. Pinandita/Pemangku diidentikkan dengan para Ulama dalam agama Islam atau Pendeta dalam agama Kristen.

Pinandita/Pemangku sebagai rohaniwan juga disebut sebagai seorang pelayan, yaitu pelayan umat dalam mengantar/menyelesaikan upacara yadnya dan juga sebagai ujung tombak pembinaan generasi muda Hindu ke depan. Sehingga, sebagai seorang Pinandita/Pemangku harus memiliki wawasan dan keterampilan di bidangnya untuk melaksanakan pelayan prima terhadap umat Hindu di Sulawesi Tenggara.

Pelayanan Prima merupakan terjemahan istilah ”excellent service” yang secara harfiah berarti pelayanan terbaik atau sangat baik. Disebut sangat baik atau terbaik karena sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku atau dimiliki lembaga pemberi pelayanan. Hakekat pelayanan publik adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban sebagai abdi masyarakat/umat.

Demikian pula diselenggarakannya   Orientasi ini ,  sangatlah  tepat di mana pada tahun-tahun terakhir ini  nilai- nilai keagamaan yang terbangun  dengan kuat, ternyata mengalami gangguan dan ada kecendrungan semakin menurun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini dapat dilihat dengan timbulnya berbagai kasus/konflik di masyarakat yang mengatasnamakan agama. Oleh karenanya nilai-nilai keagamaan harus diwariskan, ditanam dan dipupuk secara terus menerus, hal ini dimaksudkan agar umat dapat memahami makna ajaran agama secara benar  dan terarah  dalam rangka mewujudkan masyarakat yang taat melaksanakan ajaran agamanya, rukun  damai dan sejahtera.

Dalam rangka membangun kembali hal tersebut di atas sudah tentu menjadi tugas, dan tanggung jawab  sekaligus tantangan kita.  Ini dapat terwujud apabila  semua komponen  umat, lembaga keagamaan yang ada bersinergi bersama-sama berperan sesuai swadharma/kewajiban dan fungsi  kita masing masing.

Oleh sebab itu, Orientasi ini bertujuan untuk:
  • Memantapkan profesionalisme Pinandita/Pemangku sebagai salah satu ujung tombak pembina umat dalam rangka memberikan pelayanan prima dalam melaksanakan kegiatan keagamaan Hindu;
  • Meningkatkan kerjasama dan menyamakan persepsi di antara pinandita/pemangku yang ada dalam hal melaksanakan tata cara upacara keagamaan;Meningkatkan pengetahuan etika ke-Pinandita-an dalam pelayanan umat; dan
  • Meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, serta pelaksanaan ajaran agama Hindu.
 
Para undangan serta hadirin yang kami banggakan! 

Demikian beberapa hal yang dapat kami  sampaikan, dan sebelum mengakhiri sambutan ini perkenankan pada kesempatan yang berbahagia ini kami menyampaikan harapan, mudah mudahan Orientasi ini mampu  menghasilkan rumusan/pedoman  yang dapat bermanfaat bagi Peningkatan Pemahaman, Penghayatan dan Pengamalan Nilai-nilai Agama dalam kehidupan bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara .

Dengan ini, Acara ORIENTASI PINANDITA/PEMANGKU SE-PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2013, KAMI NYATAKAN DIBUKA SECARA RESMI.
Demikian sambutan ini, semoga  Tuhan Yang Maha Esa / Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan waranugraha-Nya kepada kita sekalian,  Terima kasih. 

OM Santih, Santih, Santih, OM.


Kendari, 5 September 2013
Kepala Kantor Wilayah Kemenag
Provinsi Sulawesi Tenggara

 TTD.

Drs. H. MUCHLIS A. MAHMUD, MM.
NIP 195701081986031003

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...