teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Sunday, October 13, 2013

Utsawa Dharma Gita (UDG) IV Tingkat Kabupaten Kolaka

Sabtu, 18 Mei 2013, Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Kolaka, DR.H. Amir Sahaka, membuka Utsawa Dharma Gita IV Kabupaten Kolaka, dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus Pinandita Sanggraha Nusantara Tingkat Kabupaten Kolaka di lapangan Desa Gunung Sari, Kecamatan Watubangga.

Dalam sambutannya di hadapan umat Hindu, Amir Sahaka menyatakan, melalui ajaran agama, manusia akan mendapatkan pemahaman tentang hakekat kemanusiaan. Atas dasar itu pula, mereka dapat mengembangkan paham humanisme, paham kemanusiaan sejati yang diyakini sebagai sesuatu yang mendapatkan keberkatan dari Tuhan yang Maha Esa.

“Bangsa kita masih dihadapkan pada persoalan harmoni sosial, kerukunan sosial, persaudaraan dan integritas teritorial yang wajib kita jaga, kita pelihara dan pertahankan. Hingga kini masih ada konflik komunitas di beberapa tempat dan gerakan yang berkeinginan untuk memisahkan diri dari Negara kesatuan RI,” katanya.

Menurut Amir Sahaka, selaku Pemkab Kolaka patut bersyukur dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat kabupaten Kolaka, khususnya para tokoh-tokoh agama dan pemeluk umat beragama yang berasal dari berbagai etnis, suku dan budaya di Kabupaten Kolaka yang dikenal sebagai daerah Perjuangan, Berbudaya dan Religius, di mana sangat lengkap penganut agamanya dan tetap solid, saling menghargai dan menghormati. “Hal ini perlu tetap dipertahankan dan ditingkatkan,” harapnya.

Tak lupa Amir Sahaka mengajak umat Hindu dan umat beragama lainnya di Kabupaten Kolaka untuk bersama menjaga harmonisasi, persatuan dan kesatuan yang telah dibangun serta dibina dengan susah payah sejak lama.

Sementara itu, Ketua Lembaga pengembangan Dharma Gita (LPDG) Kabupaten Kolaka, I Nyoman Suastika melaporkan bahwa pelaksanaan Utsawa Dharma Gita IV tingkat Kabupaten Kolaka, sama halnya MTQ bagi Umat Islam, berlangsung di Desa Gunung Sari, Kecamatan Watubangga mulai tanggal 18 hingga 19 Mei 2013, dengan jumlah peserta 350 orang, dengan rincian peserta dari Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) 150 orang dan Kabupaten Kolaka 200 orang, dengan jenis lomba: Utsawa Dharma Widya tingkat SD, SMP dan SMA, Utsawa Dharma Wacana tingka remaja dan dewasa, lomba Palawakia tingkat remaja dan dewasa, lomba menghafal sloka dan lomba kidung suci.

Menurut Sekdis Capil dan kependudukan Kolaka ini, tujuan dilaksanakan kegiatan Utswa Dharma Gita IV tingkat Kabupaten Kolaka, untuk meningkatkan srada dan bhakti terhadap Tuhan yang Maha Esa, menghayati dan mendalami ajaran yang terkandung dalam kitab suci weda, serta mencari generasi muda yang berbakat dan memiliki kompetensi di bidang keagamaan. (editor-PKJ)
Comments
1 Comments

1 comment:

  1. UDG Nasional XII tahun 2014 nanti rencana di Palangkaraya dibatalkan... menjadi di Jakarta... karena hotel/akomodasi di Palangkaraya tidak mencukupi...

    ReplyDelete

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...