teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Saturday, February 11, 2023

Tingkatkan Kompetensi Guru PAH, Pasraman Prema Widya Shanti Selenggarakan Bimtek

Kendari, (Humas Sultra) --- Guna meningkatkan kompetensi guru terkait pemahaman Kurikulum Merdeka, Pasraman Sekolah Minggu Prema Widya Shanti Kota Kendari selenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis. Bertempat di Gedung Sekolah Tinggi Agama Hindu Bhatara Guru Kendari, kegiatan  dibuka langsung Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, I Komang Sukeyasa. 

Made Dwinanto, Ketua Pasraman Sekolah Minggu dalam laporannya menyampaikan bahwa Bimbingan Teknis Guru Pasraman Prema Widya Shanti ini dilaksanakan atas dukungan Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra.

"Kegiatan ini kami laksanakan guna memberikan bekal dan menyusun bahan ajar untuk guru-guru kami sesuai kurikulum merdeka. Terlaksananya kegiatan ini tentunya tidak lepas dari bantuan Pembimas Hindu," tuturnya. 

"Bimtek kali ini mengambil tema Melalui Kegiatan Bimtek Kita Tingkatkan Kemampuan, Kompetensi, dan Profesionalisme Pendidik Seiring Perkembangan Zaman dan Teknologi," imbuhnya.

I Nengah Setiawan, Ketua Yayasan Ganapati Jaya Kendari selaku penyelenggara Pasraman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pasraman dan Pembimas atas dukungan terhadap kegiatan Pasraman Prema Widya Shanti. 

"Ini menjadi contoh yang baik bagi Pasraman yang lainnya. Program kerja ini harus setiap tahun dilaksanakan oleh Pasraman, karena tujuannya jelas. Gurunya berkualitas, tentu nanti peserta didiknya juga akan berkelas. Kami sangat apresiasi kegiatan ini, dan terima kasih kepada Pembimas Hindu telah mendukung Pasraman kami ini untuk bisa beraktifitas," sampainya. 

"Bimtek ini akan membahas administrasi Kurikulum Merdeka, ini akan sangat menarik. Karena Kurikulum Merdeka ini berorientasi terhadap peserta didik, student centris. Paling tidak, usai Bimtek, para guru bisa menyusun modul pembelajaran," imbuh Setiawan yang juga Kelian Banjar Sindhu Mertha Kota Kendari ini. 

Pembimas Hindu, I Komang Sukeyasa dalam sambutannya memberikan titik poin pemahaman 4 kompetensi guru yang wajib dikuasai oleh para pendidik. 

"Berbicara masalah meningkatkan kemampuan kompetensi dan profesionalisme guru, maka kita harus tau dan paham Undang-Undang 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Di mana guru wajib menguasai 4 kompetensi dasar, yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional," tegasnya.

"Pemerintah melalui Kementerian Agama juga telah membuat payung hukum Pasraman, melalui PMA 56 tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Hindu. Harapannya nanti di Kota Kendari kita bisa mendirikan Pasraman Formal. Melihat potensi yang cukup besar di Pasraman ini. Apalagi pak ketua Yayasan juga membawahi STAH Bhatara Guru, sebagai tempat nantinya lulusan STAH mengabdi," imbuh Sukeyasa. 

"Kami di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara 2 tahun ini sedang menggemakan gerakan Pasraman Bersahabat. Bersahabat ini adalah akronim dari Bersih Religius Santun Harmonis Berbasis Teknologi, dengan tagline 3B. Bersama Bersatu Bersaudara. Demikian juga nantinya di Pasraman Prema Widya Shanti ini, agar sama-sama menggemakan gerakan ini," cetusnya.

"Pasraman sebagai lembaga Pendidikan Keagamaan Hindu, kami harap bisa menjadi wahana pengembangan moderasi beragama, mencetak insan beragama yang unggul dan santun. Serta tidak ketinggalan dengan teknologi, di era digital seperti sekarang ini," tutupnya.

Kegiatan yang dilaksanakan 2 hari, 10-11 Februari 2022 ini diikuti Guru Aktif dan PKL Pasraman Prema Widya Shanti Kendari. Hadir dalam pembukaan kegiatan Pembimas Hindu, I Komang Sukeyasa, Penyuluh Agama Ahli Muda Kota Kendari, Pande Kadek Juliana, Ketua Yayasan Ganapati Jaya Kendari, I Nengah Setiawan dan Pengurus Pasraman. (PKJ)

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...