teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Saturday, August 29, 2020

Webinar Series 11 PAH Sultra: Pemanfaatan TIK Sebagai Media Penyuluhan di Masa Pandemi Covid-19

Webinar Series #11 Penyuluh Agama Hindu Sultra, Berkarya Di Tengah Pandemi Covid-19

Kendari, (Inmas Sultra) - Di zaman revolusi industri 4.0  dan masa Pandemi Covid-19 ini, mau tidak mau, suka tidak suka ternyata kita didorong oleh kondisi untuk beradaptasi dengan teknologi digital, menjadi lebih produktif dengan gadget danvsmartphone yang kita miliki, dan pandai memanfaatkan fasilitas  teknologi informasi di era digital di setiap lini. Termasuk juga Penyuluh Agama Hindu dalam melaksanakan tugas dan fungsi Penyuluh di masyarakat.

Media sosial yang awalnya hanya untuk bersosial media, kini telah bermultifungsi. Karena covid-19, kita harus beradaptasi dengan kondisi new normal, membiasakan diri dengan kebiasaan baru. Begitu juga dengan pelaksanaan tugas penyuluh. Dulu yang mana kegiatan penyuluh hanya terjadi dengan tatap muka, kini setengah pekerjaannya beralih melalui media digital, melalui platforms media sosial yang ada baik melalui YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, Fans Page, Tiktok, dan lainnya.

Dengan demikian, mau tidak mau, suka tidak suka, Penyuluh Agama mlai belajar menjadi Sutradara, Penulis naskah, aktor/aktris, kameramen, lighting, editor yang semuanya kita sebut saja konten creator. Wah.... Tangtangan baru di era new normal.

Oleh karena itu, Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Sultra kembali menyelenggarakan Webinar yang sudah masuk sesi ke-11 di masa Pandemi Covid-19 ini, pada Jumat Malam (28/8) Pk. 19.00-10.00 Wita melalui Zoom Meeting.

Dengan menghadirkan I Wayan Tantre Awiyane, S.Sos. (Penyuluh DKI Jakarta) sebagai Narasumber, dengan tema: Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Membuat Media Penyuluhan.

Kegiatan di Moderatori oleh: Adi Mulyono, dan Elaborator: I Nyoman Suweta. Webinar dihadiri oleh Para Penyuluh Agama Hindu (PAH) Se-Sultra, yang juga diapresiasi oleh PAH dari berbagai daerah, seperti dari Bangli, Gianyar, Bontang, Batam dan lainnya. Juga unsur pengurus lembaga Keagamaan, dan mahasiswa.

Pembimas Hindu Sultra, I Komang Sukeyasa sangat mengapresiasi semangat Penyuluh yang setiap Minggu rutin melaksanakan Webinar Penyuluh dengan topik-topik yang berbeda setiap minggunya. Juga mengapresiasi semangat pengurus Pokjaluh mengkoordinir teman-temannya.

"Saya sangat bangga dengan rekan-rekan Penyuluh baik PNS dan Non PNS yang setiap Minggu selalu bersemangat dalam mengikuti Webinar Series yang sudah masuk ke-11 ini. Semoga semangat kalian yang sudah rajin mengisi diri ini diikuti oleh teman-teman lain yang masih jarang hadir. Ya walau saya sadari, masalah sinyal di beberapa lokasi di Sultra memang belum merata," tuturnya.

"Saya berterima kasih kepada Narasumber Bapak Tantre atas kesediaannya mengisi Webinar ini, dan materi yang akan dibahas sangat up to date saya rasa. Yang mana memang Penyuluh kami di Sultra sangat membutuhkan informasi dan ilmu untuk bisa memanfaatkan media teknologi informasi secara maksimal sebagai bahan Penyuluhan. Baik cara membuat video atau foto yang bermuatan konten agama untuk dibagikan di sosial media," imbuhnya.

Dalam diskusi banyak muncul kiat dan pengalaman dalam menggunakan TIK dalam pembuatan konten-konten pembinaan dan penyuluhan, juga dikupas tips-tips pembuatan  dan mengatasi persoalan terkait konten berbasis TIK, baik lewat sarana HP maupun PC.

Selain I Nyoaman Suweta, ikut bersama mengelaborasi dalam webinar kali ini, Jro Mangku Danu I Wayan Sudarma, Penyuluh Agama Hindu Kankemenag Kabupaten Bangli. (PKJ)

#bimashindusultra
#bimashindu
#hindusultra
#sultrabermartabat


No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...