teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Wednesday, May 20, 2020

UDG Nasional XIV 2020 Ditunda

Kendari, (Humas Sultra) -- Utsawa Dharmagīta Tingkat Nasional XIV Tahun 2020 ini rencananya akan di adakan di Ambon, Maluku pada bulan Juli 2020. Namun, karena situasi Pandemi Covid-19 yang mulai masuk di awal tahun 2020 di Indonesia, menyebabkan rencana pelaksanaan kegiatan ini ditunda. 

Pemerintah Daerah Provinsi Maluku pun di tahun 2019 sdah mulai menyiapkan sarpras yang dibutuhkan dan di tahun 2020 ini, Pemprov Maluku  telah menyiapkan dana 10 Milyar guna penyelenggaraan perhelatan Festival Baca Kitab Suci Veda tingkat Nasional ini. Pemprov dan Kanwil Kemenag Maluku juga sudah mulai menyiapkan Panitia kegiatan Nasional.

Koordinasi dan persiapan pun telah dilaksanakan baik oleh Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Tingkat Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten. Apalagi Direktorat Jenderal  Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama R.I. yang intens berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku dan LPDG Provinsi. 

Penundaan kegiatan UDG Tk. Nasional IV ini berdasarkan Surat Dirjen Bimas Hindu Kemenag R.I. yang ditujukan kepada Gubernur dan Ketua LPDG se Indonesia Nomor: 2127/DJ.VI/BA.00/05/2020 tanggal 19 Mei 2020 perihal Pemberitahuan. Yang mana menyebutkan, bahwa pelaksanaan UDG Tk. Nasional XIV tahun 2020 di Ambon ditunda untuk waktu yang tidak pasti.

Penundaan ini, tentunya sangat berat dirasakan oleh beberapa LPDG Tingkat Provinsi yang sudah melakukan seleksi tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi. Karena penundaan ini mengakibatkan anggaran yang sudah digelontorkan di LPDG masing-masing Provinsi akan susah dipertanggungjawabkan, juga beberapa peserta anak-anak dan remaja hasil seleksi tingkat Provinsi akan masuk usia di atasnya, sehingga tidak lagi bisa diikutkan dalam Utsawa. 

Para pembina Utsawa tingkat Provinsi ini pun sudah pwrnah menyampaikan usulan agar UDG Nasional tidak ditunda pada tahun 2020 ke Dirjen melalui rekomendasi dalam kegiatan Konsultasi Pejabat Ditjen Bimas Hindu Kemenag R.I. dengan Pengurus Lembaga Agama dan Keagamaan Hindu dan Pejabat Daerah di Sanur, Denpasar, Bali pada tanggal 25-28 Februari 2020 lalu. 
Melihat kondisi Covid-19 yang tidak kunjung reda, dan bahkan neningkat setiap harinya. Pemerintah pusat menghimbau untuk tidak melaksanakan kegiatan pengumpulan massa atau keramaian dan melakukan sosial/phsikal distancing agar Pandemi Covid-19 bisa ditekan, maka kegiatan UDG Tk. Nasional Tahun 2020 pun terancam tidak bisa dilaksanakan. Sedangkan kepastian terkait penundaan pelaksanaan UDG Tk. Nasional IV ini belum ada, menunggu kondisi Pandemi Covid-19 agar mereda. Kemungkinan UDG akan dilaksanakan Online pun belum ada kepastian. 

Utsawa Dharma Gita adalah nyanyian suci keagamaan Hindu yang bersumber dari ajaran Weda yang mencerminkan, mengandung dan memiliki nilai-nilai Agama yang sangat tinggi dalam memberikan tuntunan pemahaman terhadap ajaran Hindu meliputi taqwa, susila dan upakara. (PKJ)

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...