teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Selasa, 30 Juli 2024

Sejarah Pembimas Hindu Sultra

I Komang Sukeyasa, S.E.

Bimbingan Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara adalah merupakan salah satu bagian/Unit Kerja pada Kanwil Kemenag Sultra, yang dipimpin oleh seorang Pembimas Hindu. 

Sejarah terbentuknya Kanwil Kementrian Agama Sulawesi Tenggara diawali dengan terbentuknya Inspeksi Pendidikan Agarna Propinsi Sulawesi Tenggara hingga Kanwil Departemen Agama Propinsi Sulawesi Tenggara sudah berada pada masa Orde Baru. Kemudian pada tahun 2010 Departemen Agama berubah nama menjadi Kementerian Agama melalui Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2010 tentang Perubahan Penyebutan Departemen Agama Menjadi Kementerian Agama, saat itu Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Bapak Drs. H. Abdul Muis D.,M.Pd.

Pada bagian bimbingan Masyarakat Hindu Kanwil Kemenag Sultra, dipimpin oleh Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Hindu dan merupakan Jabatan Administrator (Eselon IIIb). Bimas Hindu Sultra adalah perpanjangan tangan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama R.I. di Jakarta dan Pelaksana Kakanwil di bidang Bimbingan Masyarakat Hindu di Sultra. 

Menilik sejarah kepemimpinan Bimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra, Selaku Pembimas Hindu pertama kali sejak tahun 1995 s.d. 2000 adalah I Made Kariawan, S.Ag. di tahun 2000 beliau beralih ke Pengawas Pendidikan Agama. Selanjutnya, pada masa bhakti 2000 s.d. 2009, selaku Pembimas Hindu Sultra adalah Drs. I Dewa Ketut Ardana. Di tahun 2009 beliau pindah tugas ke Bali, dan terakhir pensiun di kantor Kemenag Kab. Badung. 

Hampir setahun kepemimpinan Bimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra kosong, dipimpin oleh Plt. Pembimas Hindu, I Gede Sadia, S.Ag. seorang Penyuluh Agama Ahli Madya Kota Kendari. Selanjutnya pada bulan Oktober 2010 Pembimas Hindu Sultra dilantik Bapak Ngakan Made Sudiana, S.Pd., M.M., yang sebelumnya selaku Seksi Kurikulum pada Direktorat Jendral Bimbingan Masyakarat Hindu Kemenag R.I. Beliau pada bulan Mei 2020 ditugaskan sebagai Pembimas Hindu Jawa Barat. Selama masa kekosongan di bulan Juni 2020 diisi Plh. Pembimas oleh Pande Kadek Juliana, S.S.

Bulan Juli 2020, dilantiklah I Komang Sukeyasa, S.E. sebagai Pembimas Hindu oleh Kakanwil, Fezal Musaad. I Komang Sukeyasa, S.E. sebelumnya adalah Kasi Bimas Hindu Kab. Konawe Selatan (2015-2020). (Penulis: Nang Bagia/Editor: PKJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...