teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Senin, 02 September 2024

Kita Awali Hari Dengan Kejujuran Guna Membangun Integritas

Blijul di Acara TOT KMHDI Regional Sulawesi-Ambon Th. 2024 
Om Swastyastu, umat sedharma di mana pun berada. Mari kita kita awali hari ini dengan bicara tentang "Kejujuran" yang tentunya akan mengarah kepada sebuah etos kerja yang dinamakan Integritas. 

"सत्यं वद, धर्मं चर।" Satyam vada, dharmam char "Berkatalah dengan jujur, jalankanlah dharma (kebenaran)" (Taittiriya Upanishad, Shikshavalli I.11.1)

Sloka ini menekankan pentingnya kejujuran sebagai dasar moralitas dan spiritualitas dalam kehidupan manusia. Kejujuran adalah salah satu nilai tertinggi dalam agama Hindu karena dianggap sebagai pondasi dari semua tindakan yang benar.

Yuk jadikan pedoman bahwa, "Dengan berpegang pada kejujuran, seseorang tidak hanya membangun integritas pribadi tetapi juga berkontribusi pada keseimbangan dan kedamaian dalam masyarakat." Bangun kepercayaan Tuhan, Masyarakat, dan Dirimu sendiri melalui hal kecil yang berpengaruh besar bagi hidupmu dan lingkunganmu, yaitu "KEJUJURAN".

Perlu diingat, kejujuran tidak hanya berarti berkata benar, tetapi juga hidup dalam kebenaran, bertindak dengan integritas, dan memegang teguh prinsip-prinsip moral. Ini adalah bagian dari dharma, yang merupakan tugas dan tanggung jawab etis setiap individu. 

Renungkan... Ketika seseorang berkomitmen untuk berkata jujur dan bertindak benar, mereka menyelaraskan diri dengan hukum alam dan kehendak ilahi, yang pada akhirnya membawa kedamaian batin dan kebahagiaan sejati.

Di mana pun orang jujur ada, maka kebaikan dan ketenangan akan mengikuti. kejujuran menciptakan lingkungan yang penuh kepercayaan dan keharmonisan, baik dalam hubungan pribadi maupun sosial. Org yang jujur membawa aura positif yang menarik rasa hormat dan kepercayaan dari orang lain.

Dan dalam ajaran Hindu, kejujuran adalah salah satu nilai utama yang harus dijunjung tinggi karena dianggap sebagai dasar dari segala tindakan baik dan dharma (kewajiban moral). 

Kejujuran adalah awal membangun etos kerja yang dinamakan Integritas. Integritas ini lebih besar daripada kejujuran. Orang yang berintegritas pasti jujur, namun demikian integritas menginginkan kita menjadi seorang yang amanah, tidak melakukan korupsi dan bersikap tegas pada setiap bentuk potensi pelanggaran di tempat kerja. 

Pertanyaannya, siapkah anda menjadi pribadi yang berintegritas dalam tatanan kerja? Maka jika siap mari kita mulai hidup dengan kejujuran. 

Om Santih, Santih, Santih, Om.
-- Blijul (02/09/2024). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...