teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Monday, September 14, 2020

Tamu Istimewa Di Webinar Penyuluh Series 12, Didampingi Dirjen Bimas Hindu R.I

Webinar Penyuluh Series 12 - Tamu Istimewa Bapak Dirjen Bimas Hindu.

Kendari, (Humas Sultra) Bimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra bersama Pokjaluh Agama Hindu Non PNS Prov. Sultra, Minggu, 13 September 2020  Pk. 19.00 Wita-22.00 Wita  via aplikasi Zoom Meeting menyelenggarakan Webinar Series yang sudah masuk series ke-12. 

Webinar Penyuluh Agama Hindu Sultra, Berkarya Di Tengah Pandemi Covid-19, kali ini terasa istimewa. Karena hadir Dirjen Bimas Hindu Kemenag R.I., Tri Handoko Seto, mendampingi dari awal hingga akhir kegiatan webinar.

Bimas Hindu Sultra dan Pokjaluh pada webinar 12 ini bekerjasama dengan STAH Bhatara Guru Kendari. Dengan menghadirkan narasumber, I Nengah Suliarta, S.E., M.Fil.H., Ketua STAH Bhatara Guru Kendari, Moderator: I Nyoman Suweta, S.Ag. dan Host: Putu Arya Darma, S.Pd.H.

Topik yang diambil adalah "Penyuluh Agama Hindu, Pewarta Dharma Penyejuk Jiwa." Pengambilan topik ini karena berkaitan erat dengan tugas penyuluh di umat sebagai juru penerang yang menerangi jalan gelap menjadi terang, memberikan siraman rohani kepada umat. 

Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto sempat memberikan arahan di akhir acara, yang mana beliau mengingatkan kembali fungsi penyuluh agama Hindu sebagai perpanjangan tangan Ditjen Bimas Hindu di masyarakat. Penyuluh wajib memiliki data potensi keumatan di wilayah binaannya.

"Fungsi penyuluh Agama Hindu itu tidak hanya dharma wacana, ada 4 fungsi Penyuluh, yaitu: informatif, edukatif, konsultatif, dan  advokatif," tegas beliau. 

"Penyuluh adalah kepanjangan tangan kita yang bersentuhan langsung dengan umat. Penyuluh harus tau betul siapa umatnya, apa masalah utamanya, dan apa serta bagaimana solusi terbaiknya. Penyuluh perlu kita beri kewenangan lebih misalnya memverifikasi awal dan merekomendasikan kegiatan-kegiatan di daerah suluhannya. Penyuluh juga diberikan kewenangan untuk mengakses program-program pembinaan umat baik peningkatan pemahaman keagamaan, kerukunan umat beragama maupun pembinaan ekonomi umat. Oleh karena itu penyuluh harus kita tingkatkan kapasitas dan kapabilitasnya. Banyak penyuluh yang mengeluh tidak bisanya mengakses peningkatan Pendidikan. Ini perlu kita kaji kembali agar kualitas mereka meningkat," pesan Tri Handoko Seto ke seluruh Penyuluh Agama HIndu yang ikut Webinar malam itu, yang mana pesertanya adalah Penyuluh yang juga berasal dari Provinsi lain.

Hadir pula, Jro Mangku Danu Wayan Sudarma, penyuluh agama senior Kankemenag Bangli, ikut mengelaborasi dalam webinar ini. (PKJ)

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...