teks berjalan

karmany evadhikarãste, mã phalesu kadãcana, mã karma-phala-hetur bhŭr , mã te sango ‘stv akarmani (B.G. Dwitiya adhyaya, sloka 47) -- Berbuatlah hanya demi kewajibanmu, bukan hasil perbuatan itu (yang kau pikirkan), jangan sekali-kali pahala jadi motifmu dalam bekerja, jangan pula berdiam diri tanpa kerja.

Generasi Muda Hindu Anti Narkoba

Saturday, October 3, 2020

Bimas Hindu Selenggarakan Pasraman Kilat Tingkat Kab. Konawe Kepulauan

Tumbuhkan Moderasi Beragama Melalui Pasraman Kilat 
--------
Wawonii, (Humas Sultra) -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Konawe Kepulauan melalui Penyelenggara Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu pada Sabtu, 3 Oktober 2020 menyelenggarakan kegiatan Pasraman Kilat Tingkat Kabupaten Konawe Kepulauan. 

Bertempat di Balai Desa, Desa Wawo Indah, Kecamatan Wowonii Tengah, kegiatan diikuti oleh 25 orang peserta. Dibuka langsung Kepala Kantor Kemenag Kab. Konawe Kepulauan, H. Lalan Jaya. Dalam sambutannya beliau menekankan pada penguatan moderasi beragama yang harus ditanamkan sejak dini. 

"Kementerian Agama memiliki 3 Mantera yang menjadi program utama dalam pembinaan, utamanya adalah Moderasi Beragama. Moderasi ini dimaksudkan bagaimana kita bisa menempatkan diri di masyarakat, tidak menganggap eksklusif diri dalam beragama, baik di intern umat beragama maupun ekstern umat beragama. Yang duanya lagi adalah kebersamaan umat dan integrasi data," kata mantan Kankemenag Kab. Wakatobi ini menegaskan. 

Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Sultra, I Komang Sukeyasa dalam sambutannya menyampaikan agar umat Hindu di Konkep selalu menjaga kerukunan umat. Juga mengingatkan tentang pentingnya data keumatan, agar umat tidak ragu-ragu dalam memberikan data kepada penyuluh maupun penyelenggara. Juga pentingnya membangun Pasraman sbagai tempat Pendidikan Hindu

"Peserta kegiatan Pasraman Kilat kali ini, saya harapkan bisa kedepannya dibuatkan Wadah Pasraman non Formal, yang nantinya bisa dikembangkan sebagai tempat belajar agama Hindu di Desa Wawo Indah ini, imbuh Sukeyasa. 

Ketua PHDI Sultra, Dr. Eng. I Nyoman Sudiana mengungkap kesenangannya bisa berkunjung ke Konkep. 

"Saya sangat bersyukur sekali, akhirnya di masa saya menjadi Parisada akhirnya bisa datang ke sini sekaligus mengukuhkan pengurus PHDI Kabupaten Konawe Kepulauan," tutur Sudiana. 

Penyelenggara Bimas Hindu, I Putu Arta mengungkapkan kesyukurannya bisa menghadirkan Ketua PHDI Provinsi dan Pemvimas untuk bisa bertemu umat di Konawe Kepulauan. Harapannya dengan Kegiatan Pasraman Kilat ini, bisa membina generasi muda Hindu di Konkep menjadi SDM yang Unggul, ke depannya.
Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan protokol kesehatan penceggahan Covid-19. (PKJ)

No comments:

Post a Comment

Artikel Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...